Suryono, Ade and Wahyudi, Edi and Yunita Putri, Rizki (2025) Pengaruh Model Quantum Teaching Tipe–Tandur terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv pada Mata Pelajaran Ipas SDN 79 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TIPE–TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA P.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK ADE SURYONO, NIM. 20591003 “Pengaruh Model Quantum Teaching Tipe – TANDUR Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS SDN 79 Rejang Lebong”, Skripsi pada program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas IV SDN 79 Rejang Lebong. Penelitian berlatar belakang ingin mengetahui pengaruh model Quantum Teaching tipe – TANDUR terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 79 Rejang Lebong. Selama ini lebih sering menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan sehingga menjadikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPAS cenderung rendah dari 27 peserta didik hanya 5 siswa yg mencapai KKTP sedangkan 22 lain nya belum mencapai KKTP. Sehingga kebanyakan siswa merasa bosan saat belajar dan lebih memilih berbicara dengan teman sebaya nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menerapkan Model Pembelajaraan Quantum Teaching Tipe - TANDUR Pada Mata Pelajaran IPAS, Untuk mengetahui perbedaan hasil belaajar sisiwa sesudah menerapkan Model Pembelajaraan Quantum Teaching Tipe - TANDUR Pada Mata Pelajaran IPAS, dan Untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Model Pembelajaraan Quantum Teaching Tipe - TANDUR Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV Di SDN 79 Rejang Lebong. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan pendekatan pra eksperimental design. Sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok subjek. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan dokumentasi, yang di lakukan di SDN 79 Rejang Lebong dengan sampel penelitian siswa kelas IV yang terdiri dari 27 siswa. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh terhadap model tersebut. Dapat dilihat hasil penelitian menentukan bahwa: 1). Perhitungan uji hipotesis paired sampel t test, pretest posttest pada kelas eksperimen, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest pada kelas IV. 3). Ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching tipe-TANDUR dalam perbedaan antara hasil belajar pretest dengan rata-rata nilai 41,11 dengan nilai minimum 65 dan nilai maksimum 15. Dan dengan jumlah rata-rata nilai posttest 83.52 dengan nilai minimum 75 dan nilai maksimum 100. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe – TANDUR, Hasil
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:42 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:42 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |