Pengaruh Model Quantum Teaching Tipe–Tandur terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv pada Mata Pelajaran Ipas Sdn 79 Rejang Lebong

Amanah, Indri and Fathurrohman, Irwan and Misriani, Agita (2025) Pengaruh Model Quantum Teaching Tipe–Tandur terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv pada Mata Pelajaran Ipas Sdn 79 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI INDRI AMANAH .pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Indri Amanah, NIM. 21591099 “ Pengaruh Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDIT Khoiru Ummah”, skripsi pada program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa yang disebabkan penggunaan model pembelajaran yang berfokus pada model ceramah dan dominan guru pada kelas V SDIT Khoiru Ummah. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman membaca siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan kemampuan pemahaman membaca siswa yang diajar secara konvensional; 2) mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoneisa kelas V di SDIT Khoiru Ummah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan model eksperimen dan desain quasi eksperimen nonequivalent control group desain. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V, yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; terdapat perbedaan dan pengaruh kemampuan pemahaman membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen pretest mendapat rata-rata 48,3 dan posttest dengan rata-rata 82,3; hasil pretest pada kelas kontrol dengan rata-rata 53 dan posttest dengan rata-rata 77,3. Jadi dapat disimpulkan kategori penilaian pada kelas eksperimen yang diberikan pengajaran dengan model Think Pair Share (TPS) dari kurang baik menjadi sangat baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Pemahaman Membaca, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Amanah, Indriindriamanah@iaincurup.ac.id
Fathurrohman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Misriani, Agitaagitamisriani89@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:33
Last Modified: 16 Jul 2025 02:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8492

Actions (login required)

View Item View Item