Miranda, Yulia and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) dengan Berbantuan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V di SD N 105 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI CPS YULIA MIRANDA (21591246).pdf - Accepted Version Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK YULIA MIRANDA, NIM 21591246 “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dengan Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di SD N 105 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD negeri 105 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan berbantuan media puzzle dengan hasil belajar IPAS siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas V di SD N 105 Rejang Lebong. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan bebantuan media puzzle terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD N 105 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain “nonequivalent control group design”. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Untuk teknik analisi berupa uji normalitas, uji homogen dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh sebgai berikut: 1) Perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan bebantuan media puzzle dengan nilai posstest sebesar 79,76 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai posttest sebesar 69,52. Berdasarkan hasil rata-rata bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran CPS dengan berbantuan media puzzle memiliki hasil yang lebih baik. 2) Setelah dilakukan uji hipotesis uji Independent Sampel T-Test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model pembelajaran CPS dengan berbantuan media puzzle berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Negeri 105 Rejang Lebong. Kata Kunci: Model Pembelajaran CPS, Media Puzzle, Hasil Belajar IPAS
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:38 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:38 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |