Pengaruh Media Pembelajaran Monokebu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv pada Mata Pelajaran Ipas di Sdn 18 Rejang Lebong

Deri Oktaria, Adinda and Wahyudi, Edi and Yunita Putri, Rizki (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Monokebu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv pada Mata Pelajaran Ipas di Sdn 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI ADINDA DERI OKTARIA FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Adinda De.ri Oktaria, NIM 21591004 “Pengaruh Media Pembelajaran MONOKEBU Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS Di SDN 18 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pe.ndidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Latar belakang dalam pe.ne.litian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS dimana nilai rata-rata siswa masih ada yang dibawah KKM yaitu 68, salah satu penyebabnya ialah kurangnya penggunaan media pembelajaran interaktif yang digunakan disekolah. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Me.nge.tahui bagaimana hasil be.lajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen se.be.lum me.nggunakan me.dia pe.mbe.lajaran MONOKE.BU pada mata pe.lajaran IPAS di SDN 18 Re.jang Le.bong, 2) Me.nge.tahui bagaimana hasil be.lajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen se.sudah me.nggunakan me.dia pe.mbe.lajaran MONOKE.BU pada mata pe.lajaran IPAS di SDN 18 Re.jang Le.bong, 3) Me.nge.tahui bagaimana pe.ngaruh me.dia pe.mbe.lajaran MONOKE.BU te.rhadap hasil be.lajar siswa ke.las IV pada mata pe.lajaran IPAS di SDN 18 Re.jang Le.bong. Pe.ne.litian ini me.rupakan pe.ne.litian kuantitatif (Quasi Eksperimen) de.ngan de.sain pe.ne.litian None.quivale.nt Control Group De.sign. Populasi penelitian ini siswa kelas IV dengan sampel 41 siswa yang terbagi me.njadi ke.las kontrol dan ke.las eksperimen. Te.knik pe.ngumpulan data be.rupa te.s soal pilihan ganda dan dokume.ntasi berupa foto kegiatan, se.rta te.knik analisis data be.rupa uji normalitas, homoge.nitas dan uji hipote.sis. Hasil pe.ne.litian me.nunjukkan bahwa: 1) Hasil be.lajar siswa se.be.lum diberi perlakuan me.miliki nilai rata-rata pre.te.st kelas kontrol sebesar 61,25 dan kelas eksperimen sebesar 53,33, 2) Se.te.lah diberi perlakuan te.rdapat pe.ningkatan pada hasil belajar siswa diperoleh nilai postte.st kelas kontrol sebesar 75,50 dan kelas eksperimen sebesar 61,43 dan 3) Berdasarkan hasil uii-t diperoleh nilai sig.(2-tailed) dengan taraf α= 0,05 yaitu sebesar 0,000, dimana nilai sig. < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak atau terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran MONOKEBU terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SDN 18 Rejang Lebong. Kata Kunci: Media Monopoli Keberagaman Buduya (MONOKEBU), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Deri Oktaria, Adindaadinda.mhs01@iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Yunita Putri, Rizkirizkiyunitaputri@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:00
Last Modified: 16 Jul 2025 07:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8488

Actions (login required)

View Item View Item