Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran Ppkn di Kelas Iv di Sdn 08 Ujan Mas Suro Bali

Herlia Lita, Yova and Putrajaya, Guntur and Selvi Maharani, Mega (2025) Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran Ppkn di Kelas Iv di Sdn 08 Ujan Mas Suro Bali. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
sidang yova fiks...pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK YOVA HERLIA LITA, NIM 21591245, Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran PPKn Di Kelas IV SDN 08 Ujan Mas Suro Bali, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Curup. Berdasarkan latar belakang penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap toleransi siswa dan implemnetasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada pembelajaran Ppkn yang bertujuan untuk mendeskripsikan sikap toleransi antar umat Beragama Dikelas IV SDN 08 Ujan Mas Suro Bali dan mengetahui implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching pada pembelajaran Ppkn di kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Field Research dengan cara turun langsung kelapangan untuk mengamati objek, untuk kemudian data dikumpulkan untuk dianalisis melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan melibatkan guru kelas IV SDN 08 Ujan Mas, yang telah mengajarkan berbagai mata pelajaran tekhusus materi mengenai toleransi yang ada pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila/Ppkn yang mengajarkan “Nilai-Nilai Toleransi” Hasil penelitian menunjukan sikap toleransi siswa di SDN 08 Ujan Mas tergolong baik dalam memahami dan menerapkan nilai toleransi dalam keberagaman siswa telah menunjukan sikap menghargai perbedaan, memeperlakukan orang lain dengan baik selalu memmahami betapa pentingnya hidup berdampingan dengan penuh keberagaman. dan Implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching pada pembelajaran Ppkn telah cukup efektif dalam memberikan pemahaman serta contoh nyata kepada siswa guru selalu membangun hubungan yang aman kepada siswa mengintregrasikan budaya siswa kedalam pembelajaran dan selalu memberikan contoh nyata secara langsung tentang sikap yang saling menghormati. Kesimpulan: Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas IV SDN 08 Ujan Mas sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Pembelajaran Ppkn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Herlia Lita, Yovayovalita@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Selvi Maharani, Megamegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:15
Last Modified: 15 Jul 2025 04:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8484

Actions (login required)

View Item View Item