Strategi Guru Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Sdn 18 Rejang Lebong

Rika, Silma and Susilawati, Susilawati and purna putra, hastha (2025) Strategi Guru Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Sdn 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI SILMA RIKA .pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Silma Rika (21591193) “Strategi Guru Menanamkan Nilai-nilai Moderasi Beragama di SDN 18 Rejang Lebong”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Angkatan 2021 IAIN Curup, 2025. Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai-nilai moderasi beragama yang diajarkan SDN 18 Rejang Lebong yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap kebudayaan lokal. Dalam menanamkan nilai moderasi beragama dibutuhkan startegi efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai moderasi beragama yang sudah diterapkan SDN 18 Rejang Lebong, mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai tersebut, serta mengkaji faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat proses penanaman nilai moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif penelitian lapangan. Subyek penelitian ialah kepala sekolah, 1 guru PAI , 2 wali kelas dan 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan peneliti ialah Reduksi data dan Penyajian data. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan peneliti bahwasannya nilai-nilai moderasi yang diterapkan SDN 18 Rejang lebong ialah komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap kebudayaan lokal. Strategi yang digunakan ialah guru memberi teladan sikap moderat, menanamkan nilai untuk tidak membeda-bedakan dalam berteman kepada siswa dan menanamkan rasa saling menghargai perasaan orang. Faktor pendukung guru menanamkan nilai-nilai moderasi beragama meliputi dukungan dan motivasi kepala sekolah, kurikulum dan materi pembelajaran, dan terjalin kerja sama antara guru dengan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama yaitu faktor lingkungan dan kurangnya pemahaman guru mengenai moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rika, Silmasilmarika@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
purna putra, hasthahasthapurna@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:49
Last Modified: 15 Jul 2025 03:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8482

Actions (login required)

View Item View Item