Umami, Lisa and Azwar, Beni and Oktori, Agus Riyan (2025) Analisis Dimensi Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv di Sdn 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
Skripsi_lisaumami.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Lisa Umami, (Nim. 21591117). “Analisis Dimensi Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di SDN 134 Rejang Lebong” (Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah) Fakultas Tarbiyah IAIN Curup, 2025 Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan dimensi profil pelajar Pancasila Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila adanya anak yang belum memahami nilai-nilai dimensi profil pelajar pancasila. Hal ini disebabkan sebagai besar siswa belum bisa mengahargai satu sama lain dan guru. Kemudian tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dimensi profil pelajar Pancasila, dan pandangan siswa terhadap dimensi profil pelajar Pancasila serta faktor penghambat dan faktor pendukung yang di hadapai oleh guru pada pembelajaran Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, dan 5 murid kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik, serta member check kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan dimensi profil pelajar pancasila telah terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, baik melalui materi ajar maupun kegiatan praktik seperti diskusi kelompok, dan penugasan kreatif. Siswa secara umum menunjukkan respons positif dan mulai terbiasa menerapkan nilai-nilai seperti gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan menghargai keberagaman yang merupakan implementasi dari nilai-nilai Pancasila. Adapun faktor pendukung antara lain Kurikulum, komitmen guru, kebiasaan positif siswa, serta dukungan sekolah. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu siswa pembelajaran, perbedaan kemampuan siswa, dan kurangnya keterlibatan orang tua. Kata Kunci: Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan pancasila, Kelas IV.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:55 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:55 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |