Peningkatan Literasi Membaca Siswa pada Pembelajaran Muatan Lokal Melalui “Bahasa Rejang Zone” Di Kelas 4 Sdn 116 Rejang Lebong

Ramadanti, Novita and Putrajaya, Guntur and selvi maharani, mega (2025) Peningkatan Literasi Membaca Siswa pada Pembelajaran Muatan Lokal Melalui “Bahasa Rejang Zone” Di Kelas 4 Sdn 116 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
PENINGKATAN LITERASI MEMBACA SISWA PADA PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL MELALUI “BAHASA REJANG ZONE” DI KELAS 4 SDN 116 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Novita Ramadanti, NIM. 21591148 “Peningkatan Literasi Membaca Siswa Pada Pembelajaran Muatan Lokal Melalui “Bahasa Rejang Zone” Di Kelas 4 Sdn 116 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 4 SDN 116 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui Bagaimana penerapan “Bahasa Rejang Zone” pada Pembelajaran Muatan Lokal dalam meningkatkan Literasi membaca siswa di Kelas 4 SDN 116 Rejang Lebong. 2) mengetahui bagaimana “Bahasa Rejang Zone” dalam meningkatkan Literasi membaca pada Pembelajaran Muatan Lokal di Kelas 4 SDN 116 Rejang Lebong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang yang dimana peneliti memotret peristiwa dan kejadian yang menjadi fokus perhatiannya untuk kemudian dijabarkan sebagaimana adanya penelitian ini dilakukan di SDN 116 Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan "Bahasa Rejang Zone" di kelas 4 SDN 116 Rejang Lebong berhasil meningkatkan literasi membaca siswa. Pembelajaran dimulai dengan interaksi menggunakan Bahasa Rejang, yang menciptakan suasana akrab dan memotivasi. Melalui pengenalan kosakata, diskusi kelompok, dan kegiatan refleksi, siswa lebih memahami pesan moral dalam cerita. Bahasa Rejang dalam pembelajaran menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan bermakna, serta memperkuat identitas budaya siswa sebagai bagian dari masyarakat Rejang. 2) Peningkatan literasi membaca melalui "Bahasa Rejang Zone" di kelas 4 SDN 116 Rejang Lebong terbukti efektif dengan serangkaian aktivitas terstruktur, seperti pengulangan membaca, analisis plot, dan pembuatan sinopsis dari cerita rakyat "Si Jampang." Aktivitas ini membantu siswa meningkatkan kosakata dan kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci: literasi membaca, Bahasa Rejang, muatan lokal, sekolah dasar, pelestarian budaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadanti, Novitanovita@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
selvi maharani, megamegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:10
Last Modified: 16 Jul 2025 02:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8476

Actions (login required)

View Item View Item