Janah, Raudhatul and Khair, Ummul and Iskandar, Zelvi (2025) Penerapan Model Attention Relevance Concidence dan Satisfation (Arcs) terhadap Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas V Sd Negeri O2 Ujan Mas. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI RAUDHATUL JANAH SIDANG.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK RAUDHATUL JANAH, NIM 21591170 “Penerapan Model Attetion Relevance Concidence dan Satisfation (ARCS) terhadap Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas V SDN 02 Ujan Mas”. Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca kritis Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SDN 02 Ujan Mas. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut permasalahan tersebut melalui sebuah penelitian yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pemahaman siswa terhadap kemampuan membaca kritis sebelum diterapkan model Attention Relevance Concidence dan Satisfation (ARCS) di Kelas V SDN 02 Ujan Mas; 2). pemahaman siswa terhadap kemampuan membaca kritis sesudah diterapkan model Attention Relevance Concidence dan Satisfation (ARCS) di Kelas V SDN 02 Ujan Mas; dan 3). keefektifan Model Attetion Relevance, Concidence dan Stastifation (ARCS) untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas V SDN 02 Ujan Mas. Penelitian ini berjenis kuantitatif berdesain quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN 02 Ujan Mas. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa dari kelas VA kontrol dan VB eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji independent samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) hasil yang diperoleh sebelum menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidance,Satisfaction diperoleh rata rata nilai yaitu 47,8 artinya kemampuan membaca kritis anak masih rendah. 2) keterampilan membaca kritis setelah menggunakan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidance,Satisfaction yaitu 79,44. Artinya nilai keterampilan membaca kritis siswa dengan menggunakan model Attention, Relevance, Confidance,Satisfaction mengalami perubahan nilai tergolong baik. dan 3) dari hasil uji hipotesis Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model Attention, Relevance, Confidance,Satisfaction terhadap kemampuan membaca kritis siswa. Kata Kunci : Model Attetion Relevance Concidence dan Satisfation (ARCS), kemampuan membaca kritis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:12 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |