Lestari, Arpika and Faturrahman, Irwan and Putra, Alven (2025) Penerapan Metode Outdoor Learning pada Mata Pelajaran Tahfidz Juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah Guppi 11 Talang Rimbo. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI ARPIKA LESTARI doc.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ JUZ 30 DI MADRASAH IBTIDAIYAH GUPPI 11 TALANG RIMBO ARPIKA LESTARI NIM. 21531013 Metode pembelajaran Outdoor Learning masih jarang digunakan oleh guru tahfidz juz 30 pada kelas IV dan V, kurangnya fokus siswa/i saat menghafal ayat Al-Qur’an, mudah jenuh, dan pembelajaran yang sangat monoton. Metode Outdoor Learning ini sangat penting diterapkan pada pembelajaran tahfidz 30 supaya siswa/i lebih semangat lagi menghafal dan memberikan suasana belajar lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Outdoor Learning di Madrasah Ibtidaiyah Guppi 11 Talang Rimbo. 2) Mengetahui manfaat penerapan metode Outdoor Learning pada pelajaran tahfidz juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah Guppi 11 Talang Rimbo. 3) Mengetahui kelemahan dan keunggulan metode Outdoor Learning pada mata pelajaran tahfidz juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah Guppi 11 Talang Rimbo. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, Analisis data, Reduksi data, Penyajian Data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Outdoor Learning pada mata pelajaran tahfidz juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah Guppi 11 Talang Rimbo memberikan suasana belajar yang lebih segar dan menyenangkan, sehingga meningkatkan semangat dan fokus dalam menghafal. Siswa lebih aktif dan antusias saat belajar di luar kelas, terutama dalam kegiatan menyetor ayat Al-qur’an. Metode Outdoor Learning sangat efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan tahfidz juz 30 siswa/i di Madrasah Ibtidaiyah Guppi 11 Talang Rimbo. Kelemahan terdapat beberapa siswa mengulur waktu untuk datang ketempat pembelajaran, suasana terlalu ramai, dan cuaca kurang mendukung. Keunggulannya sarana dan prasarana yang mencukupi, adanya dukungan dari pihak sekolah, dan juga kesadaran siswa/i bahwa pentingnya menghafal ayat suci Al-Qur’an. Kata kunci: Penerapan Outdoor Learning, tahfidz Juz 3
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:09 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:09 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |