Pengaruh Media Pembelajaran Take and Give Berbantuan Kartu terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ipas Siswa Kelas V di Mim 10 Karang Anyar

Rayanu, Ayu and Harmi, Hendra and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Take and Give Berbantuan Kartu terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ipas Siswa Kelas V di Mim 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI AYU RAYANU.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Rayanu, NIM. 21591026 “Pengaruh Media Pembelajaran Take And Give Berbantuan Kartu Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V MIM 10 Karang Anyar”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran take and give, dimana media pembelajaran take and give sangatlah kurang dalam kegiatan pembelajaran IPAS. Dalam proses belajar mengajar di kelas V MIM 10 Karang Anyar pada pembelajaran IPAS guru belum sepenuhnya menggunakan media sebagai penyampaian materi. Guru masih menggunakan media buku / LKS dan papan tulis. Media yang di gunakan kurang bervariasi, sehingga siswa juga merasa kesulitan memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Peneliti ini merupakan penelitian eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre eksperimen. Dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan uji kemampuan awal (pretest) ke siswa kelas VA dan VB (Lima) MIM 10 Karang Anyar yang berjumlah 20 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan, dan uji kemampuan akhir (posstest) setelah pemberian perlakuan. Siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar tersebut merupakan kelas eksperimen. Sedangkan kelas kontrol merupakan siswa kelas V yang juga berjumlah 20 orang. Dengan menggunakan soal-soal yang serupa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran take and give pada pembelajaran IPAS kelas V di MIM 10 Karang Anyar berdasarkan analisis data pada posttest kelas eksperimen memperlihatkan nilai minimal yang diraih oleh peserta didik adalah 44, sedangkan nilai maksimal adalah 95. Media pembelajaran Take and give berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPAS siswa kelas V MIM 10 Karang Anyar, dengan nilai signifikasi sebesar 0,004 dimana lebih kecil dari 0,05, oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut dibuktikan dengan adanya data nilai posttest pada kelas ekperimen. Kata Kunci : Media Pembelajaran Take And Give, IPAS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rayanu, Ayuayurayanu@iaincutup.ac.id
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:53
Last Modified: 15 Jul 2025 02:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item