Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN 06 Merigi

Novia Astika, Finki and Asha, Lukman and Oktori, Agus Riyan (2025) Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN 06 Merigi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT); dan (2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan CRT terhadap motivasi belajar Matematika siswa kelas V SDN 06 Merigi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar sebanyak 15 pernyataan, serta observasi sebagai data pendukung. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas Shapiro-Wilk, dan uji hipotesis Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata nilai pre-test motivasi belajar siswa adalah 44,38 dan tergolong dalam kategori rendah; sedangkan nilai post-test meningkat menjadi 47,03 yang tergolong dalam kategori sedang, dengan Tingkat Capaian Responden (TCR) sebesar 70,6% termasuk kategori baik; (2) Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal; dan (3) Hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan CRT. Dengan demikian, pendekatan Culturally Responsive Teaching berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar Matematika siswa kelas V di SDN 06 Merigi. Kata Kunci: Culturally Responsive Teaching, Motivasi Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novia Astika, Finkifinkinastika@iaincurup.ac.id
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:17
Last Modified: 15 Jul 2025 08:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item View Item