Azelia Az Zahra, Dia and Ifnaldi, Ifnaldi and Hartati, Meri (2025) Analisis Kemampuan Siswa dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Dongeng “Semut dan Belalang” di Kelas V Sd Negeri 17 Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
Dokumen dari Dia Azelia Az Zahra_compressed.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA DONGENG “SEMUT DAN BELALANG” DI KELAS V SD NEGERI 17 LEBONG ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan siswa yang memiliki kemampuan dan minat membaca yang rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman serta keinginan untuk memahami bacaan atau sebuah teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik dalam cerita Dongeng “Semut dan Belalang” di kelas V SD Negeri 17 Lebong dan juga untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menentukan unsur intrinsik dalam cerita Dongeng “Semut dan Belalang” di Kelas V SD Negeri 17 Lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian lapangan (field research), yang dimana peneliti turun langsung kelapangan untuk mendapatkan data yang valid dan relevan. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik cerita Dongeng “Semut dan Belalang” ini berbedabeda. Beberapa siswa menunjukkan bahwa ia sudah mampu, tetapi beberapa juga masih ada yang masih kurang mampu. Dalam menentukan unsur intrinsik, masih terlihat beberapa siswa yang bisa menjawab dengan benar ada juga yang masih kesulitan. Unsur tema, 8 dari 14 siswa sudah menjawab dengan benar, unsur latar 9 dari 14 siswa menjawab dengan benar, unsur alur 7 dari 14 siswa menjawab dengan benar, unsur tokoh semua siswa menjawab dengan benar, unsur watak 11 dari 14 siswa menjawab dengan benar, dan unsur amanat 9 dari 14 orang siswa sudah menjawab dengan benar. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa ini adalah dari faktor internal yaitu minat siswa, kebiasaan belajar, dan uga kemampuan membaca dan menganalisis yang berbeda. Selain itu juga, faktor eksternal seperti guru dan sarana prasarana juga berperan penting dalam hal menunjang pembelajaran, jika tidak terpenuhi makan akan menjadikan pembelajaran yang monoton dan juga materi yang sulit dipahami. Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Unsur Intrinsik, Guru
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Unsur Intrinsik, Guru | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:03 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:03 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |