Strategi Pengembangan Konten Digital Kreator Pemula Pada Media Sosial

Zahra Fadilla, Yosie and Yansah, Savri and Valentine, Femalia (2025) Strategi Pengembangan Konten Digital Kreator Pemula Pada Media Sosial. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Text.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Yosie Zahra Fadilla NIM 21521048 “ Strategi Pengembangan Konten Digital Kreator Pemula Pada Media Sosial. ” Skripsi, Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam ( KPI ) Perkembangan teknologi digital telah mendorong munculnya kreator konten di berbagai platform media sosial, termasuk Facebook. Fitur Facebook Mode Profesional (Facebook Pro) menjadi salah satu sarana yang diminati oleh kreator pemula untuk memproduksi dan memonetisasi konten mereka. Namun, di balik peluang tersebut, para kreator pemula menghadapi berbagai tantangan, mulai dari keterbatasan ide, waktu, motivasi, hingga tekanan dari algoritma dan ekspektasi audiens. Fenomena ini menunjukkan pentingnya memahami strategi pengembangan konten yang mereka terapkan serta bagaimana mereka menghadapi hambatan dalam proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan konten digital kreator pemula pada media sosial Facebook, serta mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang mereka hadapi. Pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis digunakan dalam penelitian ini, dengan menggali pengalaman subjektif kreator pemula secara mendalam untuk memahami makna, motivasi, dan persepsi mereka terhadap proses pembuatan konten digital. Dua teori digunakan sebagai landasan yakni teori strategi konten Joe Pulizzi, yang menekankan pentingnya perencanaan, konsistensi, dan distribusi konten bernilai, serta teori tantangan kreator dari Gary Vaynerchuk, yang menyoroti hambatan psikologis, teknis, dan sosial yang umum dialami oleh kreator pemula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreator pemula menerapkan berbagai strategi seperti membuat konten hiburan yang relevan, melakukan siaran langsung, dan memanfaatkan komunitas serta penggunaan hashtag. Adapun tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan ide, waktu, motivasi, serta tekanan dari algoritma. Penelitian ini juga menemukan adanya kesenjangan antara strategi konten ideal dan kenyataan di lapangan yang dihadapi oleh kreator pemula. Kata Kunci: Strategi Konten, Kreator Digital, Media Sosial, Facebook, Kreator Pemula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Zahra Fadilla, Yosieyosiezfadila@iaincurup.ac.id
Yansah, Savrisavriyansyah@iaincurup.ac.id
Valentine, Femaliafemaliavalentine@iaincurup.co.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 15 Jul 2025 09:11
Last Modified: 15 Jul 2025 09:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item View Item