Bera Atika, Anjli and Nurmal, Ifnaldi and Hartati, Meri (2025) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Menurut Newman’s Error Analysis (Nea) Siswa Kelas Iv di Sdn 02 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (10MB) |
Abstract
Anjli Bera Atika, NIM.21591019, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Menurut Newman’s Error Analysis (NEA) Siswa Kelas IV Di SDN 02 Kepahiang” Latar belakang penelitian ini adalah bahwa masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita karena kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita khususnya pada materi pecahan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Penelitian ini dilakukan di SDN 02 Kepahiang sejak bulan Februari-April 2025 menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah 21 orang siswa kelas IV SDN 02 Kepahiang. Dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes soal, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV di SDN 02 Kepahiang dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan adalah, terdapat 5 jenis kesalahan berdasarkan prosedur Newman yang dilakukan oleh peserta didik, yaitu (1) Kesalahan membaca (reading error) terjadi sebanyak 65 kesalahan. (2) Kesalahan dalam memahami soal (comprehension error) terjadi sebanyak 65 kesalahan. (3) Kesalahan dalam mentransformasi soal (transformation error) terjadi sebanyak 16 kesalahan. (4) Kesalahan dalam keterampilan proses (process skill error) terjadi sebanyak 13 kesalahan. (5) Kesalahan dalam menulis jawaban akhir (encoding error) terjadi sebanyak 23 kesalahan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan adalah Faktor Internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti siswa terlalu menganggap bahwa matematika sulit, ketidaktelitian siswa dalam mengerjakan soal, siswa kebingungan dalam menyeleaikan soal karena lupa konsep dan kurangnya motivasi dan minat belajar matematika siswa. Faktor Eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti kurangnya perhatian dari orang tua, kondisi belajar yang kurang nyaman, banyaknya aktivitas yang dilakukan siswa diluar jam sekolah dan faktor dari variasi mengajar guru dan teman sekelas. Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, Soal Cerita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:17 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:17 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |