Analisis Kepercayaan dan Persepsi Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Curup (Studi Kasus Guru dan Staf MIN 01 Rejang Lebong)

Vivi, Vivi and Noprizal, Noprizal and Wijaya, Ranas (2025) Analisis Kepercayaan dan Persepsi Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Curup (Studi Kasus Guru dan Staf MIN 01 Rejang Lebong). Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
Vivi Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Vivi NIM. 20631091 “ANALISIS KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP CURUP (Studi Kasus Guru Dan Staf MIN 01 Rejang Lebong).” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan dan persepsi nasabah, khususnya Guru dan Staf MIN 01 Rejang Lebong, terhadap produk dan layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Curup. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa tidak semua guru dan staf yang beragama Islam di MIN 01 Rejang Lebong menggunakan layanan perbankan syariah, meskipun institusi tersebut berada di lingkungan pendidikan Islam. Penelitian ini menganalisis bagaimana kepercayaan dan persepsi guru serta staf MIN 01 Rejang Lebong terhadap produk dan layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Curup, dengan fokus pada sejauh mana tingkat kepercayaan dan persepsi mereka memengaruhi pandangan serta penerimaan terhadap keberadaan dan kualitas layanan perbankan syariah yang ditawarkan oleh BSI KCP Curup. Dari total 48 guru dan staf, hanya 27 orang yang menggunakan produk dan layanan BSI, sedangkan sisanya masih menggunakan bank konvensional atau lembaga keuangan lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 27 guru dan staf yang merupakan nasabah BSI KCP Curup. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan guru dan staf terhadap BSI cukup tinggi karena produk dan layanan yang ditawarkan sesuai dengan prinsip syariah serta memberikan manfaat finansial, sosial, dan spiritual. Persepsi nasabah juga cenderung positif, terlihat dari tanggapan mengenai pelayanan yang sopan, terarah, dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kata Kunci : Kepercayaan, Persepsi, Bank Syariah Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Vivi, Vivivivimhs@iaincurup.ac.id
Noprizal, NoprizalNoprizal@gmail.com
Wijaya, Ranasranaswijaya@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:42
Last Modified: 15 Jul 2025 02:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8428

Actions (login required)

View Item View Item