Maulida, Rahma and Zulaiha, Siti and Amanah Rahma Ningtyas, Amanah Rahma Ningtyas (2025) Pengaruh Media Mini Book terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sdn 73 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI RAHMA MAULIDA.pdf - Accepted Version Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahma Maulida, NIM. 21591165 “Pengaruh Media Mini Book terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 73 Rejang Lebong ” Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang efektif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaaan kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah penggunaan media mini book, 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media mini book terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 73 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Pre- Eksperimental One Group Pretest-Postetst. Uji coba dilakukan di SDN 72 Rejang Lebong dengan melibatkan siswa kelas IVa yang populasi dan sampelnya 32 siswa. Kemudian setelah melakukan uji coba saya melakukan penelitian di SDN 73 Rejang Lebong dengan melibatkan seluruh kelas IV yaitu 20 siswa sebagai sampel penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dari penggunaan media mini book menunjukkan bahwa; 1) Didapatkan perbedaaan yang signifikan antara nilai rata-rata Pretest dan Posttest yang mana hasil nilai rata-rata Posttest lebih meningkat. Berdasarkan hasil rata-rata Posttest dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah penggunaan media mini book. 2) Dari hasil uji menggunakan Paired Sample Test, diperoleh nilai signifikan (2-tailed ) sebesar 0,000, nilai thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 0,05. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak, jadi dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mini book berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 73 Rejang Lebong. Kata Kunci: Media Mini Book, Kemampuan Kognitif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:45 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:45 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |