Pengaruh Media Kotak Indra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pancaindra dalam Pembelajaran Ipas Kelas Iv Sdn 61 Rejang Lebong

Yolandha, Afifah and Wahyudi, Edi and Yunita Putri, Rizki (2025) Pengaruh Media Kotak Indra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pancaindra dalam Pembelajaran Ipas Kelas Iv Sdn 61 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
AfifahYolandha_21591007.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Afifah Yolandha, NIM. 21591007 “Pengaruh Media Kotak Indra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pancaindra Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 61 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 61 Rejang Lebong pada materi Pancaindra, yang disebabkan kurangnya variasi media pembelajaran. Media Kotak Indra, yang melibatkan Pancaindra dalam pembelajaran visual, digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penggunaan Media Kotak Indra dan mengetahui hasil belajar siswa sesudah penggunaan Media Kotak Indra, serta untuk menganalisis pengaruh Media Kotak Indra tersebut terhadap hasil belajar siswa pada materi Pancaindra dalam pembelajaran IPAS kelas IV SDN 61 Rejang Lebong. Penelitian menggunakan desain penelitian pre experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, Dengan jumlah sampel sebanyak 23 siswa, menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dan dokumentasi, teknik analisis data berupa, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebelum diberikan perlakuan menggunakan Media Kotak Indra, dengan sekitar 47,83% masih memperoleh nilai di bawah ketuntasan KKTP; 2) Nilai rata-rata siswa setelah diberikan perlakuan menggunakan Media Kotak Indra meningkat, yakni 66,09, menjadi 81,09; 3) Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Kotak Indra pada siswa kelas IV SDN 61 Rejang Lebong. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Kotak Indra, Pancaindra, IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yolandha, Afifahafifah@iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Yunita Putri, Rizkirizkiyunitaputri@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:31
Last Modified: 15 Jul 2025 04:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8423

Actions (login required)

View Item View Item