Hartati, Srikandi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Yulizah, Yosi (2025) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Full Text.pdf - Accepted Version Download (9MB) |
Abstract
Srikandi Hartati (NIM 21591201). “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 77 Rejang Lebong”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, 2025. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman dan partisipasi peserta didik terhadap pembelajaran menyebabkan terbatasnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, sehingga berpengaruh pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Talking Stick berbantuan Tekateki silang dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar secara konvensional pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 77 Rejang Lebong. (2) Untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning Tipe Talking Stick berbantuan Teka-teki Silang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 77 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain penelitian Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 5, yang dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes (uraian) dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata nilai di kelas eksperimen dari nilai sebesar 49,86 meningkat menjadi 81,48. Nilai rata-rata tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol, dari nilai sebesar 48,16 menjadi sebesar 71,32. (2) Diketahui rata-rata nilai posttest ketercapaian indikator kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 54,87% (Cukup) dan kelas kontrol sebesar 44,36% (Cukup). Selanjutnya, Hasil uji hipotesis data dengan uji-t menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dengan taraf signifikasi 0.05, maka diperoleh kriteria 0.000 < 0.05. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Cooperative Learning Tipe Talking Stick berbantuan Teka-Teki Silang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas V SDN 77 Rejang Lebong. Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe Talking Stick, Teka-Teki Silang, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 08:52 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 08:52 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8422 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |