Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Character Building pada Peserta Didik Kelas Iv di Sd N 4 Rejang Lebong

Dwi Septiani, Intan and Warlizasusi, Jumira and Febriansyah, Febriansyah (2025) Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Character Building pada Peserta Didik Kelas Iv di Sd N 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
skripsi intan dwi septiani pgmi.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Intan Dwi Septiani, NIM. 21591100, “Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Character Building Pada Peserta Didik Kelas IV Di SD N 4 Rejang Lebong” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup, 2025. Character building perlu ditingkatkan untuk menciptakan siswa berakhlak mulia. Kurikulum Merdeka mengedepankan Profil Pelajar Pancasila sebagai dasar pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji langkah sekolah dalam membentuk karakter peserta didik.;1) Untuk mngetahui Nilai-Niai Profil Pelajar Pancasila Peserta didik Kelas IV Di SD N 4 Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui Character Building Peserta didik Kelas IV Di SD N 4 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui implementasi penguatan nilai-nilai profil pelajar pancasila terhadap pembentukan character building pada Peserta didik kelas IV Di SD N 4 Rejang Lebong Penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDN 4 Rejang Lebong melibatkan kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian; 1) Nilai Profil Pelajar Pancasila telah diterapkan dengan baik di SDN 4 Rejang Lebong melalui pembiasaan harian, mencerminkan karakter siswa yang sesuai dengan 6 dimensi utama nilai Pancasila. 2) Character building siswa kelas IV SDN 4 Rejang Lebong dilakukan melalui pembiasaan, dan keteladanan guru, menanamkan nilai positif untuk membentuk pribadi mandiri, bertanggung jawab, dan berintegritas. 3) Implementasi nilai Profil Pelajar Pancasila di SD N 4 Rejang Lebong membentuk karakter siswa melalui kegiatan pembelajaran dan non-akademik, menumbuhkan sikap religius, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. Kata kunci: Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Karakter, Character Building

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dwi Septiani, Intanintan.mhs@iaincurup.ac.id
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:25
Last Modified: 15 Jul 2025 07:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8420

Actions (login required)

View Item View Item