Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Poster terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ipa Kelas 5 Sdn 40 Lebong

Agustin, Tia and Kurniawan, Kurniawan and Kumara Dewi, Jauhari (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Poster terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ipa Kelas 5 Sdn 40 Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Skripsi Tia Agustin .pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK TIA AGUSTIN, NIM 21591210 “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Poster Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA Kelas 5 SDN 40 Lebong”, Skripsi pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi IPA Kkelas 5, masih rendah karena pendidik belum optimal memanfaatkan media pembelajaran, sehingga hasil belajar menurun. Penelitian ini menggunakan media poster untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran poster terhadap peningktan hasil belajar siswa pada materi IPA kelas 5 SDN 40 Lebong Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design (pretest-posttest). Populasi dan sampel berjumlah 44 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen (23 siswa) dan kelas kontrol (21 siswa) menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbasis poster dikelas 5A, memperoleh nilai pretest sebesar 63,04 dan nilai postest meningkat sebesar 75,43. 2) Hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis poster ( konvensional) dikelas 5B, memperoleh nilai pretest sebesar 60,95 dan nilai postest meningkat sebesar 69,52. 3) Terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran poster terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi IPA kelas 5. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig. 0,039 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Poster, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustin, Tiatia.mhs011@iaincurup.ac.id
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Kumara Dewi, Jauharijauharikumaradewi@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:23
Last Modified: 15 Jul 2025 07:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8418

Actions (login required)

View Item View Item