Novita Sari, Diah and Bahri, Syaiful and Oktori, Agus Riyan (2025) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Di Sma Negeri 1 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
Diah Fulltext.pdf - Accepted Version Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK Diah Novita Sari NIM. 21561015 ”Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 di SMA Negeri 1 Kepahiang.” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Perubahan era digital menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan proses belajar-mengajar. Kepala sekolah harus siap dalam menghadapi perubahan yang terjadi mulai dari perubahan kurikulum, peningkatan kompetensi guru, serta penggunaan teknologi dalam pengajaran yang menekankan pada keterampilan digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, serta dokumentasi sumber data melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kepahiang dengan informan kunci adalah Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kepahiang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa standar mutu yang disusun dalam rencana tahunan sekolah digunakan untuk memastikan kualitas, layanan, atau sistem berdasarkan analisis kebutuhan siswa. Strategi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan peningkatan sumber daya manusia dengan melakukan in-house training untuk meningkatkan kemampuan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran, dan penggunakan metode kepemimpinan yang terbuka dan adaptif untuk menciptakan keterbukaan dalam menyampaikan pendapat dan masukan dari berbagai sudut pandang serta menciptakan budaya kerja yang kolaboratif. Perubahan kebijakan dan kurikulum menjadi tantangan kepala sekolah dalam menciptakan sistem pendidikan yang relevan dengan perkembangan zaman, teknologi, dan tuntutan dunia modern. Selain itu, pengembangan profesional menjadi tantangan dalam memahami dan menerapkan pendekatan baru serta tantangan dalam penerapannya termasuk keterbatasan infrastruktur teknologi, literasi digital yang beragam, dan resistensi dari beberapa guru terhadap penggunaan metode berbasis teknologi. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, Revolusi Industri 4.0.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:41 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:41 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |