Puspita, Ani and Putrajaya, Guntur and maharani selvi, mega (2025) Analisis Projek P5 Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA)Dalam Penguatan Karakter Berkeadaban (Ta'addub) Siswa Kelas III Di Era 5.0 Society MIS GUPPI 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ANI PUSPITA, NIM. 21591016 “Analisis Projek P5 Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Dalam Penguatan Karakter Berkeadaban (Ta’addub) Siswa Kelas III di Era 5.0 Society MIS GUPPI 13 Tasik Malaya”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini berfokus pada peran P5PPRA terhadap penguatan karakter pada dimensi berkeadaban (Ta’addub) pada nilai Rahmatan Lil Alamin Siswa Kelas III B di Era 5.0 Society MIS GUPPI 13 Tasik Malaya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk; 1) Mengetahui Penerapan P5 PPRA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) Dalam Penguatan Karakter Berkeadaban (Ta’addub) Siswa Kelas III Di Era 5.0 Society MIS GUPPI 13 Tasik Malaya; 2) Mengetahui Bagaimana P5 PPRA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) Dapat Menguatkan Karakter Berkeadaban (Ta’addub) Siswa Kelas III Di Era 5.0 Society MIS GUPPI 13 Tasik Malaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan teknik yang digunakan field research, penelitian ini dilakukan pada wali kelas III yang mengajar di kelas III serta siswa kelas III khususnya kelas III B, yang menjalankan proyek P5 PPRA yang di dalamnya memuat dimensi berkeadaban dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; dalam penerapan P5 PPRA dalam penguatan karakter berkeadaban (Ta’addub) di kelas III B sudah berjalan dengan baik berdasarkan indikator dari dimensi berkeadaban (Ta’addub) disertai dengan penanaman karakter dalam menghadapi era 5.0 society sebagai penguatan karakter berkeadaban (Ta’addub). Selain penerapan P5 PPRA melalui penanaman nilai-nilai karakter tersebut, upaya dalam penguatan karakter berkeadaban tersebut ditanamkan melalui pembiasaan rutin seperti kegiatan sholat dhuha dan muhadharo serta pembiasaan spontan seperti 3S (Salam, Senyum, Sapa) pada diri siswa dengan penguatan adab kepada orang tua atau guru dan adab kepada teman. Selain itu penerapan dan pembiasaan yang dilakukan selain mengenai adab kepada orang tua atau guru dan teman, juga terkandung adab kepada alam melalui penerapan P5 PPRA dengan tema lingkungan dengan mengelola barang bekas menjadi benda yang bermanfaat, serta terdapat pembiasaan rutin seperti jumat bersih dan pembiasaan spontan untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dalam penerapannya tentu tidak terlepas dari faktor yang menghambat seperti kurangnya perhatian orangtua kepada anak, sarana air yang tidak memadai namun hal tersebut tetap berjalan dikarenakan faktor pendukung dari pendidik yang saling bekerjasama dan komunikasi antara pendidik dan peserta didik yang tetap terjaga. Penguatan karakter berkeadaban kepada siswa kelas III B sudah berjalan dengan baik dan perlu bimbingan lebih lanjut. Kata Kunci: P5 PPRA, Karakter Berkeadaban (Ta’addub), Era 5.0 Society
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:47 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:47 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |