Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Preexperiment pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V di SDN 31 Lebong

Dayanti, Risma and Gunawan, Guntur and Meldina, Tika (2025) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Preexperiment pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas V di SDN 31 Lebong. Sarjana thesis, Intitut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang mendorong inovasi dalam pembelajaran, sehingga pemanfaatan aplikasi digital seperti Google Classroom 1) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa IPAS kelas V SDN 31 Lebong sebelum dan 2) sesudah menggunakan Google Classroom, 3) penerapannya, 4) pengaruhnya terhadap hasil belajar, serta perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 31 Lebong. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi menggunakan instrumen lembar tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan Uji T-Test untuk mengukur pengaruh penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata skor pemahaman siswa sebelum menggunakan Google Classroom (pretest) sebesar 65,56 dengan skor minimum 53 dan maksimum 78. Setelah penggunaan Google Classroom (posttest), rata-rata skor meningkat menjadi 83 dengan skor minimum 70 dan maksimum 98, menunjukkan peningkatan yang signifikan. 2) Observasi terhadap penerapan Google Classroom memperoleh skor rata-rata 4,8 dari 26 indikator penilaian yang masuk kategori "Sangat Baik," mengindikasikan aplikasi ini efektif dalam mendukung proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. 3) Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan thitung (22,86) > ttabel (1,734), sehingga penggunaan Google Classroom berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. 4) Hal ini membuktikan bahwa aplikasi Google Classroom terbukti efektif sebagai media pembelajaran berbasis teknologi yang meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 31 Lebong. Kata kunci: APlikasi Google Classroom, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dayanti, Rismarismadayanti@iaincurup.ac.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:20
Last Modified: 15 Jul 2025 08:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8407

Actions (login required)

View Item View Item