Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Buku Ipas Kelas Iv Sekolah Dasar

Yunita, Meysin and Gunawan, Guntur and Meldina, Tika (2025) Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Buku Ipas Kelas Iv Sekolah Dasar. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI MEYSIN YUNITA.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MEYSIN YUNITA, NIM 21591130 “Analisis Nilai-nilai Moderasi Beragama Pada Buku IPAS Kelas IV Sekolah Dasar”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan sikap peserta didik dalam menghadapi potensi konflik sosial, ekstremisme, radikalisme, perilaku diskriminatif, serta berbagai tantangan global di tengah keberagaman masyarakat Indonesia. Kajian ini dilakukan melalui analisis isi secara interaktif terhadap Buku IPAS Kelas IV Sekolah Dasar, khususnya pada muatan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kelengkapan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. 2) Untuk mengetahui hasil analisis nilai-nilai moderasi beragama yang terkandung dalam buku IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) yang mengandalkan metode telaah interaktif terhadap isi materi dalam buku IPAS untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, yaitu dengan menghimpun berbagai dokumen yang relevan seperti catatan, buku, makalah, artikel, jurnal, dan sumber lainnya. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dan dikaji secara mendalam. Dari proses penelitian yang telah di lakukan oleh peneliti pada buku IPAS Kelas IV Sekolah Dasar, Hasil penelitian berupa 1) Terdapat konsep-konsep moderasi beragama yang mengandung nilai-nilai moderasi beragama berupa nilai Toleransi, Nilai anti Radikalisme, Nilai Komitmen Kebangsaan dan Nilai Akomodatif Terhadap budaya Lokal. 2) Terdapat Penyampaian baik secara langsung maupun tidak langsung menunjukan bahwa muatan materi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) relevan dan dapat di jadikan acuan dalam membentuk karakter dan perilaku peserta didik yang mengedepankan nilai-nilai cinta tanah air dengan menerapkan indikator nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Buku IPAS Kelas IV

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yunita, Meysinmeysin@iaincurup.ac.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Buku IPAS Kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 14 Jul 2025 09:17
Last Modified: 14 Jul 2025 09:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8403

Actions (login required)

View Item View Item