Agustin, Meli and Yosi, Yulizah and Yunita Putri, Rizki (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Alam terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Ra Al-Mustaqim Desa Air Meles Atas. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
MELI AGUSTIN.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI RA AL-MUSTAQIM DESA AIR MELES ATAS Abstrak Kemampuan kognitif merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang mencakup kemampuan berpikir, memahami, mengamati, serta memecahkan masalah. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran di RA Al-Mustaqim Desa Air Meles Atas ditemukan bahwa sebagian anak masih mengalami kesulitan dalam menghitung, mengenali objek, dan menyelesaikan permasalahan sederhana yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum sepenuhnya memberikan rangsangan yang efektif terhadap kemampuan kognitif anak. Pembelajaran berbasis alam dipandang sebagai alternatif yang mampu memberikan pengalaman langsung, konkret, dan menyenangkan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 anak usia dini di RA Al-Mustaqim. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian telah melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS versi 30. Hasil uji validitas menunjukkan seluruh item pada variabel X (metode pembelajaran berbasis alam) dan variabel Y (kemampuan kognitif) dinyatakan valid, dengan nilai reliabilitas sebesar 0,915 untuk variabel X dan 0,883 untuk variabel Y. Data dianalisis dengan teknik korelasi product moment untuk mengetahui hubungan yang signifikan antar variabel. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran berbasis alam terhadap kemampuan kognitif anak usia dini. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar r = 0,670 dengan tingkat signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat hubungan positif yang kuat antara kedua variabel. Kontribusi metode pembelajaran berbasis alam terhadap kemampuan kognitif anak sebesar 67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis alam efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di RA Al-Mustaqim, terutama dalam aspek berpikir logis, pemecahan masalah, dan pemahaman terhadap lingkungan sekitar. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Alam, Kemampuan Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Alam, Kemampuan Kognitif | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:55 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:55 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |