Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Introduction (Pbi) dengan Pemanfaatan Alam Terbuka pada Mata Pelajaran Ipas terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn 112 Rejang Lebong

Landia Dwi Gustin, Intan and Baryanto, Baryanto and Fransiska, Jenny (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Introduction (Pbi) dengan Pemanfaatan Alam Terbuka pada Mata Pelajaran Ipas terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Iv Sdn 112 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI INTAN LANDIA..pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK INTAN LANDIA DWI GUSTIN, NIM 21591101 “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) Dengan Pemanfaatan Alam Terbuka Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 112 Rejang Lebong” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini didasari oleh rendahnya level pemahaman siswa mengenai pelajaran IPA di kelas IV yang disebabkan oleh minimnya variasi metode pengajaran yang digunakan oleh para guru. Dengan demikian, peneliti menerapkan pendekatan pembelajaran Problem Based Introduction. Sementara itu, tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan perbedaan dalam pemahaman siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction serta model pembelajaran tradisional. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak penggunaan model pembelajaran Problem Based Introduction terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPA di SDN 112 Rejang Lebong untuk kelas IV. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian yang menggunakan metode eksperimen. Pendekatan yang diambil adalah desain quasi eksperimental. Sampel dalam studi ini terdiri dari 26 siswa di kelas IV A yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa di kelas IV B yang berfungsi sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang diterapkan mencakup uji prasyarat normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil studi ini, terdapat dampak dari penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) terhadap pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata Posttest X pada kelas IV A (kelompok eksperimen) yang mencapai 88,54, sementara Posttest Y untuk eksperimen mencetak 94,38, dan rata-rata Posttest kelas IV B (kelompok kontrol) adalah 73,08. Analisis menggunakan uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai Asym Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari temuan ini adalah adanya perbedaan signifikan pada pemahaman siswa antara kelas eksperimen yang menerapkan model Problem Based Introduction dan kelas kontrol yang tidak. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction yang memanfaatkan lingkungan alam dalam pelajaran IPA berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa di kelas IV SDN 112 Rejang Lebong. Kata Kunci: Model pembelajaran Problem Based Introduction, tingkat pemahaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Landia Dwi Gustin, Intanintanlandia.mhs@iaincurup.ac.id
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:59
Last Modified: 14 Jul 2025 08:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8390

Actions (login required)

View Item View Item