Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) pada Kurikulum Merdeka untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas Iv di Sdn 17 Rejang Lebong

Wahyuni, Okta and Fathurrohman, Irwan and Agita, Misriani (2025) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) pada Kurikulum Merdeka untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas Iv di Sdn 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI OKTA WAHYUNI(21591152) PRODI PGMI..pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Okta Wahyuni, NIM. 21591152, “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas IV Di SDN 17 Rejang Lebong” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Perkembangan karakter peserta didik menjadi perhatian utama dalam dunia pendidikan Indonesia, sehingga pemerintah mengusulkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan utama dari projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yaitu untuk meningkatkan standar pendidikan di Indonesia dengan fokus pada pengembangan karakter peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila(P5) pada kurikulum merdeka untuk membentuk karakter peserta didik 2) Mengidentifikasi apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) pada kurikulum merdeka untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan kepala sekolah SD Negeri 17 Rejang Lebong, guru wali kelas IV, serta beberapa peserta didik kelas IV. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara, serta teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila(P5) terdiri atas tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung meliputi dukungan kepala sekolah, keterlibatan orang tua, dan lingkungan sekolah yang kondusif, sementara faktor penghambat di antaranya keterbatasan sarana, perbedaan kemampuan siswa, dan keterbatasan pemahaman guru. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam mengembangkan strategi pembelajaran berbasis proyek yang efektif untuk membentuk karakter peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila. Kata Kunci:Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Karakter Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wahyuni, Oktaoktawahyuni@iaincurup.ac.id
Fathurrohman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Agita, Misrianiagita_misriani@yahoo.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:35
Last Modified: 14 Jul 2025 08:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item