Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dampak Tradisi Kuda Kepang Terhadap Siswa di SMPN 17 Rejang Lebong

Dahlia, Ranita and Susanto, Kemas Rezi and Amin, Muhammad (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dampak Tradisi Kuda Kepang Terhadap Siswa di SMPN 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI DAMPAK TRADISI KUDA KEPANG TERHADAP SISWA DI SMPN 17 REJANG LEBONG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas masalah dampak yang ada pada tradisi Kuda Kepang. Tradisi Kuda Kepang ini mempunyai dampak negatif. Masyarakat di lingkungan sekitar sekolah ini sangat menggemari tradisi Kuda Kepang mulai dari orang tua, anak-anak dan remaja. Bahkan banyak di antara anggota Kuda Kepang ini adalah siswa-siswa yang masih berstatus pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan apa saja Kendala-Kendala yang dihadapi dalam Mengatasi Dampak Tradisi Kuda Kepang Terhadap Siswa di SMPN 17 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, dan siswa-siswa yang mengikuti tradisi Kuda Kepang, sedangkan objek penelitiannya adalah mengatasi dampak tradisi Kuda Kepang terhadap siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini bersumber dari informan dan kondisi objek lokasi penelitian yang diperoleh langsung melalui wawancara dengan orang yang bersangkutan yaitu guru Pendidikan Agama Islam, Siswa dan kepala sekolah. Sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini bersumber dari bahan kepustakaan dan dokumentasi, untuk mengetahui keadaan sekolah, guru, siswa, kondisi sarana dan prasarana sebagai penunjang dan media-media untuk membantu dalam proses mengajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian mengenai Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak tradisi Kuda Kepang pertama, tampil sebagai figur yang bertakwa kepada Tuhan YME, sehingga dalam bertugas didasari niat dan keiklasan untuk membentuk peserta didik yang berakhlak mulia. Kedua, mengarahkan siswa agar tetap mematuhi peraturan. Ketiga, dampak negatif mampu membuat masyarakat berbuat musyrik apabila mereka menyalah artikan kesenian Kuda Kepang itu. Keempat, Kendala-kendala yang di hadapi untuk mengatasi dampak tradisi Kuda Kepang terletak pada keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dahlia, RanitaUNSPECIFIED
Susanto, Kemas ReziUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata-kata Kunci: Guru PAI, Kuda Kepang.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:11
Last Modified: 20 Feb 2023 09:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item