Titi Rukmana, Indah and Fathurrohman, Irwan and Agita, Misriani (2025) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv di Sdn 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
INDAH TITI RUKMANA PGMI.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Indah Titi Rukmana, NIM. 21591098 “Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas lV di SDN 17 Rejang Lebong”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hasil belajar yang masih rendah karena pembelajaran yang diterapkan masih berpusat pada guru . Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas lV SDN 17 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan; 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas lV SDN 17 Rejang Lebong. 2) Mengetahui pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas lV SDN 17 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian adalah kuasi eksperimen, menggunakan desain “Pretest-Posttest Control Group Design”. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh siswa kelas IV sebagai populasi terbagi menjadi 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sampel berjumlah 47 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa distribusi frekuensi, uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar siswa kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata Posttest kedua kelas tersebut. 2) Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas lV SDN 17 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis independent samples test, diketahui nilai sig. (sig.2-tailed) adalah sebsar 0,000 ≤ 0,005, maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pretest-Posttest yang artinya ada pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas lV SDN 17 Rejang Lebong. Kata kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 09:18 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 09:18 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |