Rahmawati, Novita and Wahyuningsih, Wiwin Arbani and Rahmadeni, Fevi (2025) Pengaruh Media Congklak Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III SDIT Rabbi Radhiyya 01 Curup, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan media congklak dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar secara convensional pada materi perkalian kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Curup; 2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media congklak terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Curup. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III, dengan dua kelas penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, tes pemahaman konsep dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan media congklak mengalami peningkatan yang signifikan yang mana tadinya berada pada kategori rendah bisa naik pada kategori sedang, hal tersebut terlihat dari rata-rata pretest yaitu 58,9286 dan rata-rata posttes 77,8571. Sedangkan pemahaman konsep matematis siswa yang yang diajar secara konvensional hanya mengalami sedikit peningkatan dan masih berada pada kategori rendah, hal tersebut terlihat dari rata-rata pretest yaitu 59,0357 dan rata-rata posttes 61,1071.; 2) Pengaruh media congklak terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Curup. Berdasarkan uji hipotesis independent sampel t test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media congklak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas III di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Curup. Kata Kunci : Media Congklak, Pemahaman Konsep Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 09:02 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 09:02 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |