Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ipas di Sdn Tambah Asri Musi Rawas

Septian Dini, Elsa and Wahyudi, Edi and Sari, Nelfa (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ipas di Sdn Tambah Asri Musi Rawas. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI ELSA SEPTIAN DINI .pdf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK ELSA SEPTIAN DINI, NIM.21591064 “ Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS SDN Tambah Asri Musi Rawas”, skripsi pada program studi Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V di SDN Tambah Asri, Kabupaten Musi Rawas. Dimana hasil nilai harian sebagian besar siswa belum mencapai KKTP. Tujuan penelitian ini untuk; 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan model SOLE, (2) untuk mengetahui hasil belajar sesudah penerapan model SOLE, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model SOLE terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SDN Tambah Asri, Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Tambah Asri sebanyak 43 siswa, terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SOLE dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Uji coba dilakukan terlebih dahulu di SDN Mataram dengan 25 siswa kelas V, sebelum pelaksanaan penelitian utama di SDN Tambah Asri. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi serta pretest dan posttest, dengan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Analisis data mencakup uji normalitas, homogenitas, dan independent sample t-test. Penelitian dilaksanakan di SDN Tambah Asri dari 17 April hingga 17 Juli. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sebelum menggunakan model SOLE nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 42,95 dan rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 43,27. Hal itu menunjukkan hasil belajar yang masih tergolong rendah. 2) Setelah menggunkan model pembelajarn SOLE pada kelas eksperimen Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen adalah 81,30, sedangkan kelas kontrol sebesar 58,14. Hal itumenunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan kelas eksperimen jauh lebih tinggi atau meningkat. 3) Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SOLE memberikan pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Kata kunci: Model SOLE, Hasil Belajar, IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Septian Dini, Elsaelsasdini@iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Sari, Nelfanelfasari@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:41
Last Modified: 14 Jul 2025 07:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8364

Actions (login required)

View Item View Item