Pengaruh Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Sikap Toleransi Siswa Kelas III di SDN 67 Lebong

Periska, Evit and Wanto, Deri and selvi maharani, mega (2025) Pengaruh Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Sikap Toleransi Siswa Kelas III di SDN 67 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penguatan nilai-nilai toleransi penting dilakukan pada siswa sejak dini, khususnya dalam menghadapi keragaman agama, budaya, dan sosial di masyarakat. Salah satu cara yang efektif untuk menumbuhkan sikap toleransi adalah melalui pembelajaran pendidikan pancasila yang mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Apakah terdapat pengaruh antara pemahaman nilai-nilai moderasi beragama yang diterima oleh siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan sikap toleransi siswa kelas III di SDN 67 Lebong? 2) Seberapa besar pengaruh nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan pancasila terhadap sikap toleransi siswa kelas III di SDN 67 Lebong. Penelitian berbentuk kuantitatif dengan jenis korelasi. Subjek penelitian ini siswa kelas III SDN 67 Lebong yang berjumlah 31 siswa dengan menggunakan teknik Sampel Purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, dan dokumentasi. serta teknik analisis data dilakukan menggunakan metode statistik non-parametrik dengan melakukan pengujian berupa uji Spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Nilai signifikansi sebesar 0.00 < α (0.05) maka H0 ditolak sehingga Ha diterima. Artinya terdapat hubungan antara Nilai-nilai moderasi dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan sikap toleransi siswa kelas III di SDN 67 Lebong. Hubungan ini ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.773. Nilai 0,773 termasuk kategori korelasi kuat, yang berarti bahwa sekitar 77,3% pengaruh sikap toleransi siswa dapat dijelaskan oleh nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan pancasila. Hasil observasi memperoleh rata-rata dengan kategori baik. Hasil ini membuktikan bahwa nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan pancasila memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap sikap toleransi siswa kelas III di SDN 67 Lebong. Kata Kunci : Nilai-nilai moderasi beragama, Pembelajaran pendidikan pancasila, Sikap Toleransi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Periska, Evitevitperiska@iaincurup.ac.id
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
selvi maharani, megamegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 10 Jul 2025 05:02
Last Modified: 10 Jul 2025 05:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item