Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur'an di TPA Darul Qur'an adilla Megang Sakti III Kabupaten Musirawas

Mutoharoh, Luluk and Kusen, Kusen and Nurjannah, Nurjannah (2025) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur'an di TPA Darul Qur'an adilla Megang Sakti III Kabupaten Musirawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
CD.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an di TPA Darul Qur’an Adilla Megang Sakti III Kabupaten Musirawas. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya penggunaan metode pengajaran yang tepat dalam membimbing anak-anak menghafal Al-Qur’an secara benar, terutama dalam aspek pelafalan, tajwid, dan kesinambungan hafalan. Metode talaqqi dipilih karena dianggap efektif dalam membentuk keterampilan hafalan melalui interaksi langsung antara santri dan pengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala TPA, ustadzah, dan para santri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi diterapkan melalui tahapan persiapan bacaan oleh ustadzah, talqin (pembacaan dan pendengaran), pengulangan oleh santri, penyambungan ayat, serta setoran hafalan. Proses ini memberikan bimbingan intensif secara personal sehingga kesalahan bacaan bisa langsung diperbaiki. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu belajar, perbedaan tingkat kesiapan dan konsentrasi santri, serta munculnya rasa malu, bosan, atau ketergantungan yang tinggi terhadap guru pada sebagian santri. Adapun faktor pendukung keberhasilan penerapan metode talaqqi antara lain semangat belajar santri, kesabaran dan kompetensi ustadzah, serta dukungan orang tua dan lingkungan belajar yang kondusif. Sementara itu, hambatan yang ditemui meliputi keterbatasan jumlah pengajar dibandingkan jumlah santri, kurangnya pemahaman dasar tajwid pada sebagian santri, serta gangguan dari lingkungan sekitar. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode talaqqi cukup efektif dalam membentuk kemampuan hafalan Al-Qur’an anak usia dini, meskipun masih diperlukan strategi tambahan untuk mengelola waktu, meningkatkan motivasi, dan memperbaiki suasana belajar. Kata kunci: Metode talaqqi dan menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mutoharoh, Lulukluluk.mhs@iaincurup.ac.id
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 10 Jul 2025 05:04
Last Modified: 10 Jul 2025 05:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8326

Actions (login required)

View Item View Item