Novianti, Melisa and Rahmi Nasutiom, Aida and Rahma Ningtyas, Amanah (2025) Implementasi Media Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Ummatan Wahidah. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI_melisadodo09.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Abstrak MELISA NOVIANTI, NIM. 19511019 ” Implementasi Media Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA UMMATAN WAHIDAH” Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan RA Ummatan Wahidah pembentukan kognitif anak sulit dibentuk. Hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran belum dapat sepenuhnya membentuk kognitif anak dengan baik. Media yang digunakan belum mampu meningkatkan kognitif. Minimnya kreativitas guru dalam mengembangkan dalam mendesain stimulus dalam membangun kognitif anak. Keterbatasan media pembelajaran sebagai metode sumber belajar yaitu alat peraga seperti vidio, foto atau gambar, lego, kartu angka, loosepart dan ular tangga. Selain itu kegiatan yang dilakukan di RA ummatan Wahidah tersebut masih terfokus pada kegiatan-kegiatan yang membuat anak jenuh sehingga kurang tertarik mengikuti kegiatan yang ada dikelas khususnya dalam kegiatan berhitung.Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana penerapan media permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dan mengetahui bagaimana implikasi penggunaan media permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Ummatan Wahidah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan pendekatan deskriftif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru di RA Ummatan Wahidah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclution drawing and varification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan media permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Ummatan Wahidah sebagai seorang guru harus ada perencanaan media permainan ular tangga berupa silabus dan modul pembelajaran yang dikembangkan oleh guru dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik anak. Dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru dalam pelaksanaan media permainan ular tangga itu dibagi menjadi beberapa tahapan. Pertama, kegiatan awal mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kedua, kegiatan inti yang berisi merencanakan media/alat bantu media permainan ular tangga. Ketiga, seorang guru melakukan evaluasi hasil belajar kognitif anak dan evaluasi penggunaan media permainan ular (2) Implikasi dampak media permainan ular tangga dengan cara pengembangan kemampuan kognitif aspek visual seperti seorang guru mengajak siswa, mengenal benda-benda sekitar untuk menyentuh benda sekitar supaya anak mudah mengenal, aktivitas membandingkan benda-benda kompleks dan sederhana dalam permainan ular tangga. Guru telah menerapkan media permainan ular tangga dengan baik dan dampak nya terhadap siswa itu sangat berpengaruh sekali dimana seorang siswa dapat memahami dan mengenal secara baik pembelajaran yang diberikan oleh guru. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:15 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |