Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai–Nilai Profil Pelajar Pancasila di Smk Negeri 3 Lebong

Mahardika, Mutiara and Taqiyuddin, Muhammad and Maryati, Ana (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai–Nilai Profil Pelajar Pancasila di Smk Negeri 3 Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
CETAK.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI–NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK NEGERI 3 LEBONG ABSTRAK Oleh : Mutiara Mahardika Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di SMK 3 Lebong, khususnya pada dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Dalam konteks pendidikan karakter berbasis Kurikulum Merdeka, guru diharapkan mampu merancang strategi pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga afektif dan spiritual siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam menumbuhkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya di SMK Negeri 03 Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif untuk mengamati aktivitas pembelajaran secara langsung, wawancara mendalam dengan informan kunci (guru PAI dan siswa) guna memperoleh data yang komprehensif, serta studi dokumentasi terhadap dokumen penunjang seperti jadwal kegiatan, buku nilai, dan data bimbingan konseling. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru PAI meliputi keteladanan, pembiasaan kegiatan keagamaan, pengintegrasian nilai dalam proses pembelajaran, serta penciptaan lingkungan belajar yang kondusif. Strategi tersebut dinilai cukup efektif dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Namun demikian, guru menghadapi sejumlah kendala, antara lain rendahnya motivasi belajar, pengaruh negatif media sosial, serta keterbatasan waktu dan sarana pembelajaran. Dengan demikian, strategi guru PAI berkontribusi secara signifikan dalam pembentukan karakter siswa, meskipun keberhasilannya sangat bergantung pada dukungan dari pihak sekolah, keluarga, dan lingkungan sosial. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mahardika, Mutiaramutiara@iaincurup.ac.id
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan.
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:57
Last Modified: 09 Jul 2025 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8322

Actions (login required)

View Item View Item