Penerapan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran Pai di Smpn 07 Lebong

Mesa Kurniati, Mesa Kurniati and Komalasari, Bakti and Zakiyah, Zakiyah (2025) Penerapan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran Pai di Smpn 07 Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
REVISIAN PASCA SIDANG 1.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Mesa Kurniati NIM. 21531091” Penerapan Model Pembelajaran Peer Teaching Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Pada Pelajaran PAI di SMPN 07 Lebong.” Peer teaching merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai tutor sebaya, di mana mereka saling berbagi pengetahuan dan membimbing teman dalam proses belajar. Model ini dirancang untuk meningkatkan partisipasi aktif, rasa tanggung jawab, serta keterampilan sosial peserta didik melalui kerja sama kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah Guru PAI dan peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan data reduction ( reduksi data ), data display ( penyajian data), conclusion drawing/verification ( Kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model peer teaching dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik, mampu menciptakan lingkungan belajar yang aktif, di mana peserta didik saling berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan bekerja sama dalam memahami materi pelajaran. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi, seperti kemampuan bekerja dalam tim, menghargai pendapat orang lain, dan bertanggung jawab atas tugas kelompok. Adapun faktor pendukung dalam penerapan model ini meliputi: Lingkungan belajar yang mendukung, kemampuan interpersonal peserta didik, kepemimpinan guru, keragaman dalam kelompok, motivasi dan dukungan eksternal. Sementara itu, faktor penghambat mencakup: perbedaan kemampuan akademik yang cukup mencolok antar peserta didik, kurangnya pengalaman peserta didik dalam mengajar teman sebaya, serta keterbatasan waktu dalam menyelesaikan semua materi ajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran; Peer Teaching; Keterampilan Kolaborasi; Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mesa Kurniati, Mesa Kurniatimesa.mhs@iaincurup.ac.id
Komalasari, Baktibaktikomala@gmail.com
Zakiyah, Zakiyahzakiyah@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Peer Teaching; Keterampilan Kolaborasi; Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 09 Jul 2025 08:45
Last Modified: 09 Jul 2025 08:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8321

Actions (login required)

View Item View Item