Riski Amiliya, Riski Amiliya and Fakhruddin, Fakhruddin and Siswanto, Siswanto (2025) Strategi Guru Al-Quran Hadis dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Siswa MTs Al-Madani Lubuk Linggau). Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
strategi guru al-quran hadis dalam mengatasi kesulitan membaca aal-quran revisi fiks (2) (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Riski Amiliya Nim 21531133 “ Strategi Guru Al-Quran Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Quran DIMTs Al-Madani Lubuk Linggau” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN CURUP. Strategi Guru dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Quran sangat diharapkan karena dengan penerapan strategi yang tepat juga akan menunjang proses pembelajaran dalam mencapai tujuannya. strategi merupakan suatu perencanaan yang dirancang secara sistematis, mencakup serangkaian langkah atau tindakan yang disusun guna mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Perencanaan ini disusun secara terstruktur agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Quran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian filed risech dengan metode kualitatif deskriftif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknis analisis data reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Lokasi penelitian ini di MTs Al-Madani Lubuk Linggau Barat 1 Sumatra Selatan. Hasil penelitian ini adalah pertama terdapat dua bentuk kesulitan yang dialami oleh siswa MTs Al-Madani dalam membaca Al-Quran yaitu dalam penyebutan makhraj yang sifatnya hampir sama dan kurangnya pemahaman tajwid, kedua faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa membaca Al-Quran terdapat dua bagian yaitu faktor internal yang berasal dari diri siswa sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sekitar, ketiga strategi yang digunakan guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran adalah yang dengan menggunakan strategi ekspositori proses pembelajaran yang berpusat pada guru yang kemudian menggunakan strategi kontekstual proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Selanjutnya dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menjalankan strategi pembeajaran menjadi lebih rinci. Mengelompokkan siswa sesuai kemampuan sebagai upaya control belajar agar siswa dapat melakukan pembelajaran secara teratur dan terarah. Dan yang terakhir adalah memberikan motivasi khusus kepada siswa yang belum mampu membaca Al-Quran sebagai suatu kunci dalam meningkakan semangat dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Strategi, Guru, Kesulitan, Membaca
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru, Kesulitan, Membaca | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:15 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |