Asi, Intan Tri and Deriwanto, Deriwanto and Muhammad, Idris (2025) Minat Belajar Siswa dan Upaya Guru dalam Mengembangkannya Pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf Download (3MB) |
Abstract
Intan Tri Asi NIM. 21531070 “Minat Belajar Siswa Dan Upaya Guru Dalam Mengembangkannya Pada Pembelajaran PAI Di SMPN 7 Rejang Lebong”. Skrpisi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Minat belajar merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran PAI yang memiliki peran sentral dalam pembentukan karakter dan spiritualitas peserta didik. Rumusan masalah Penelitian ini terdiri dari (1) bagaimana minat belajar siswa SMPN 7 Rejang Lebong?, (2) bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan minat belajar peserta didik di SMPN 7 Rejang Lebong?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 7 Rejang Lebong, serta mendeskripsikan bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan minat belajar peserta didik smpn 7 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Field Research dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah dua guru PAI serta peserta didik dari kelas VII, VIII, dan IX. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tahap pertama reduksi data, setelah di reduksi data maka selanjutnya adalah memaparkan data, tahap terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi data menggunakan Triangulasi Waktu, Tekhnik, dan Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI masih tergolong rendah. Hal ini ditandai dengan kurangnya perhatian, partisipasi aktif, dan semangat belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Kedua, Dalam mengembangkan minat tersebut, guru PAI berupaya menerapkan berbagai strategi seperti menggunakan Model dan Metode pembelajaran seperti, Card Sort, Story Telling Tematik, menciptakan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran, Menggunakan model pembelajaran interaktif, menggunakan kuis atau permainan edukatif, serta memberikan motivasi religius yang relevan dengan kehidupan siswa. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan kurangnya fasilitas, upaya ini dinilai cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa secara bertahap. Kata Kunci: Minat Belajar, Upaya Guru, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:50 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |