Metode Pembelajaran Islam Klasik Dan Metode Pembelajaran Islam Modern (Studi Komparatif Pemikiran Ramayulis Dan Abuddin Nata

SUGYARTI, SUGYARTI and Rafia, Rafia and Indrawari, Karliana (2025) Metode Pembelajaran Islam Klasik Dan Metode Pembelajaran Islam Modern (Studi Komparatif Pemikiran Ramayulis Dan Abuddin Nata. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI__Sugyarti_(21) .pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi dari perbandingan metode pembelajaran Islam klasik dan modern menurut dua tokoh penting dalam pendidikan Islam, yaitu Ramayulis dan Abuddin Nata. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pemikiran Ramayulis tentang Metode Pembelajaran Islam Klasik dan Metode Pembelajaran Islam Modern. 2) Untuk mengetahui pemikiran Abuddin Nata tentang Metode Pembelajaran Islam Klasik dan Metode Pembelajaran Islam Modern. 3) Pemikiran Ramayulis dan Abuddin Nata Tentang Metode Islam Dan Kaitannya dengan Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan studi pustaka (library research). Data dikumpulkan dari berbagai karya tulis kedua tokoh serta sumber-sumber literatur yang relevan. Penelitian ini menyatakan bahwa metode pembelajaran Islam harus bersifat fleksibel dan kontekstual, serta mampu menjawab tantangan zaman tanpa mengabaikan nilai-nilai dasar Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ramayulis dan Abuddin Nata sama-sama menekankan pentingnya metode pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan Islam, namun keduanya memiliki pendekatan dan penekanan yang berbeda diantaranya : 1) Ramayulis lebih menekankan pada sistematika dan prinsip-prinsip pendidikan klasik yang bersumber dari nilai-nilai dasar Islam serta kesesuaian metode dengan tujuan spiritual pendidikan. Sementara itu, 2) Abuddin Nata cenderung menawarkan pendekatan yang lebih progresif dan kontekstual, dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan modern serta teknologi. 3) pemikiran kedua tokoh ini dapat saling melengkapi dan menjadi landasan dalam merumuskan model pendidikan Islam dan dapat diterapkan di Pendidikan Agama Islam (PAI) yang relevan dan aplikatif di era modern. Kata kunci: Ramayulis, Abuddin Nata, Metode Pembelajaran Islam Klasik, Islam Modern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
SUGYARTI, SUGYARTIsugyarti.mhs@gmail.com
Rafia, Rafiarafiaarcanita@iaincurup.ac.id
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ramayulis, Abuddin Nata, Metode Pembelajaran Islam Klasik, Islam Modern.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:20
Last Modified: 09 Jul 2025 03:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8304

Actions (login required)

View Item View Item