Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Mengembangakan Kemampuan Adaptasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smkn 3 Rejang Lebong

Pupita Sari, Yessi and Harmi, Hendra and DAHERI, MIRZON (2025) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Mengembangakan Kemampuan Adaptasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smkn 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Intitut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Yessi Puspita Sari.pdf

Download (9MB)

Abstract

Yessi Pupita Sari NIM.21531173 “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Mengembangakan Kemampuan Adaptasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 3 Rejang Lebong”,Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini adalah tentang Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Mengembangakan Kemampuan Adaptasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMKN 3 Rejang Lebong. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning di kelas X SMK Negeri 3 Rejang Lebong., 2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan adaptasi peserta didik dengan menggunakan cooperative learning di kelas X SMK Negeri 3 Rejang Lebong. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian yaitu reduksi data, panyajian data, dan penarikan kesimpulan .Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning di SMK Negeri 3 Rejang Lebong dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pertama yaitu penyampaian materi yang dilakukan oleh guru PAI dengan memanfaatkan teknologi seperti infokus dan laptop. Kedua pembagian kelompok yang dilakukan guru PAI dengan cara yang berbeda-beda setiap pertemuan agar peserta didik tidak mudah bosan, setelah pembagian kelompok guru memberikan tugas untuk dikerjakan ke setiap kelompok. Kemudian masing-masing kelompok mengerjakan tugas yang diberikan dengan waktu yang sudah ditentukan. Ketiga presentasi yakni peserta didik setiap kelompoknya mempresentasikan hasil kerjasama mereka. Dan yang keempat evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI tersebut. Dari penerapan model pembelajaran cooperative learning yang dilakukan oleh guru PAI di SMK Negeri 3 Rejang Lebong bahwa peserta didik dapat mengontrol emosi selama pembelajaran, tidak adanya mekanisme psikologis, tidak merasa frustasi pribadi, pertimbangan rasional dan pengarahan diri sendiri, kemampuan untuk belajar, memanfaatkan pengalaman, bersikap objektif dan realistik. Sehinggga penerapan model pembelajaran kooperatif learning ini dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan adaptasi. Kata Kunci : Kemampuan Adaptasi,Model Pembelajaran, Cooperative Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pupita Sari, Yessiyessi.mhs@iaincurup.ac.id
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
DAHERI, MIRZONmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:47
Last Modified: 09 Jul 2025 03:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8297

Actions (login required)

View Item View Item