Meiyanda, Rana and Komalasari, Bakti and Maryati, Ana (2025) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik, Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif Nu Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf Download (6MB) |
Abstract
Rana Meiyanda NIM. 21531121 “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik, Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong. Penelitian ini dilatarbelakangi aktivitas belajar peserta didik yang pasif menjadi aktif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang implementasi model pembelajaran project based learning (pjbl) dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang lebong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model Project Based Learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong, implementasi model Project Based Learning dalam meningkatkan Aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong, dan Kelebihan dan Kelemahan dalam mengimplementasikan model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan Aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus (case studies) dan penelitian lapangan (Field research). Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan peserta didik kelas X, XI, dan XII SMK Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong dengan menggunakan teknik snowball sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa 1) data primer dan 2) data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa; 1) pengumpulan data, 2) reduksi data 3) penyajian data, 4) dan penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses implementasi PjBL meliputi enam langkah: penentuan pertanyaan mendasar, desain perencanaan proyek, penyusunan jadwal, monitoring peserta didik dan proyek, pengujian hasil, dan evaluasi pengalaman. (2) Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang pasif menjadi aktif melalui tugas proyek yang dikerjakan (3) Kelebihan meliputi minat dan relevansi proyek, dukungan guru yang efektif, dan kolaborasi yang baik. Sementara itu, Kelemahan adalah manajemen waktu yang terbatas, kurangnya sumber daya, dan keberagaman kemampuan peserta didik. Kata Kunci : project based learning, aktivitas belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:11 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:11 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |