Implementasi Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fikih Di Man Rejang Lebong

Rorenza, Heri and Fathurrohman, Irwan and Putra, Alven (2025) Implementasi Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fikih Di Man Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Skripsi Heri Rorenza (21531063) PAI.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara terstruktur untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satu metode yang efektif adalah mind mapping (peta konsep), yaitu metode yang menggabungkan fungsi otak kanan dan kiri untuk meningkatkan daya ingat, kreativitas, dan pemahaman peserta didik. Namun, dalam penerapannya khususnya di kelas Xi di MAN Rejang Lebong, terdapat beberapa kendala dalam penerapan mind mapping, seperti kurangnya pemahaman guru terhadap konsep mind mapping, kesulitan dalam menyusun materi fikih menjadi bentuk visual, serta kesulitan siswa dalam menentukan ide awal atau simbol visual. Selain itu, pembelajaran fikih yang cenderung monoton dan menggunakan metode ceramah membuat siswa kurang aktif, cepat bosan, bahkan mencari alasan untuk meninggalkan kelas, yang berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fikih di MAN Rejang Lebong. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan Guru fikih serta siswa-siswi kelas Xi. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data digunakan uji kerabilitas dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa menunjukkan ketertarikan dan kreativitas dalam pembelajaran fikih dengan mind mapping; (2) guru dan siswa memiliki persepsi positif terhadap efektivitas metode ini dalam mendorong berpikir orisinal dan eksploratif; (3) faktor pendukung mencakup elemen visual dan peningkatan keaktifan siswa, sementara faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, alat, dan variasi gaya belajar. Diperlukan inovasi dan evaluasi berkelanjutan untuk optimalisasi metode ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rorenza, Heriherirorenza7@gmail.com
Fathurrohman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Putra, Alvenalvenputra1708@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Mind Mapping, kemampuan berfikir kreatif, dan pembelajaran fikih
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:14
Last Modified: 21 Jul 2025 04:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8290

Actions (login required)

View Item View Item