Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Qr Code Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sman 1 Rejang Lebong

Septi Sabena, Aniska and Ifnaldi, Ifnaldi and Fransiska, Jenny (2025) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Qr Code Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sman 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI ANISKA SEPTI SABENA FIX.pdf - Accepted Version

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Aniska Septi Sabena, NIM. 21531008 “Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis QR Code Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Rejang Lebong”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Media pembelajaran merupakan alat bantu atau perantara dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran agar lebih efektif. Sedangkan, media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X SMAN 1 Rejang Lebong belum maksimal dalam memenuhi kriteria Kurikulum Merdeka yang menuntut adanya inovasi dan digitalisasi media pembelajaran. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melakukan Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis QR Code pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang dibatasi pada tiga tahapan, yaitu analisis, desain dan pengembangan. Instrumen yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, analisis dokumen, dan validasi ahli, serta studi dokumen. Kemudian, data dianalisis dengan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada saat ini di Kelas X SMA Negeri 1 Rejang Lebong berada pada kategori cukup layak berdasarkan hasil analisis dokumen dengan pemerolehan skor 2,61 > 3,01 > 3,39. Hal ini dikarenakan telah dilakukan implementasi media berbasis QR Code pada kegiatan mendengarkan murrotal. Dalam upaya mengoptimalkan proses pembelajaran, pengembangan media video pembelajaran diperluas pada berbagai aspek. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 90,39% dari guru dan 87,80% dari peserta didik, sehingga tergolong sangat butuh. Setelah melalui tahap desain dan pengembangan, hasil validasi media memperoleh skor 77,02 > 150 > 222,96, validasi materi sebesar 26 > 48 > 70 dan validasi bahasa sebesar 19,43 > 48 > 50,54. Hasil uji validasi pada ketiga aspek tersebut memberikan kesimpulan akhir bahwa produk Media Video Pembelajaran Berbasis QR Code pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Media, Video Pembelajaran, QR Code, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Septi Sabena, Aniskaaniskasepti.mhs@iaincurup.ac.id
Ifnaldi, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media, Video Pembelajaran, QR Code, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:32
Last Modified: 14 Jul 2025 07:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8286

Actions (login required)

View Item View Item