Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dan Upaya Guru Dalam Mengembangkannya Pada Pembelajaran Pai Di Smpn 6 Rejang Lebong

Ayu, Icu and Deriwanto, Deriwanto and Idris, Muhammad (2025) Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dan Upaya Guru Dalam Mengembangkannya Pada Pembelajaran Pai Di Smpn 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pendidikan abad ke-21 yang sangat dibutuhkan peserta didik untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan informasi secara logis, objektif, dan reflektif. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), keterampilan ini penting untuk membantu siswa memahami nilai-nilai keislaman secara mendalam serta mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan ajaran Islam. Namun, dalam implementasinya, keterampilan berpikir kritis siswa sering kali masih mengalami berbagai hambatan yang perlu ditelusuri lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 6 Rejang Lebong dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru PAI dan siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Rejang Lebong dan teknik analisis data itu meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa belum berkembang dilihat dari beberapa indicator yang belum tercapai yaitu : memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar dan menyimpulkan. Adapun upaya yang dilakukan guru antara lain menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah, pendekatan kontekstual, diskusi kelompok, model inquiry learning, model discovery learning serta pemberian pertanyaan tingkat tinggi (HOTS) untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan guru dalam penerapan model pembelajaran inovatif yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis secara optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ayu, Icuicu@iaincurup.ac.id
Deriwanto, Deriwantoderiwanto@iaincurup.ac.id
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:24
Last Modified: 21 Jul 2025 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8283

Actions (login required)

View Item View Item