Aida, Devi nur and Suprapto, Suprapto and Putrajaya, Guntur (2018) Pendidikan Pranatal dalam Tradisi Mitoni di Dusun Kepahyang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
STRATEGI MODELING PARTISIPAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP .pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pendidikan Pranatal Dalam Tradisi Mitoni Di Dusun Kepahiang”. Oleh Devi Nur Aida, NIM. 14532019. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasannya di dalam suatu daerah pada hakikatnya terdapat suatu kebudayaan berupa tradisi yang sudah menjadi turun menurun dari nenek moyangnya terdahulu. Salah satunya yaitu tradisi mitoni, mitoni adalah tradisi yang sudah berjalan dan menjadi budaya di masyarakat dan hal ini diakulturasikan dengan nilai-nilai Islam yang berupa adanya doa dan sedekah, di mana keduanya adalah hal yang urgen dalam Islam. Dan pada tradisi ini terdapat pendidikan yang diberikan dalam masa kehamilan atau disebut dengan pendidikan pranatal. Pendidikan pranatal ini dilakukan gara anak saat lahir nanti mempunyai akhlak yang lebih bagus lagi dan menajdi anak yang soleh dan soleha. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, kajian pustaka. Kemudian untuk teknis analisa data yang penulis gunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di Dusun Kepahiang, bahwa upacara mitoni merupakan upacara selamatan kandungan yang berusia tujuh bulan. Tradisi mitoni merupakan praktek keberagamaan masyarakat dalam mewujudkan bentuk rasa syukur kepada Allah yang mana telah diberikan suatu rezeki, dalam pelaksanaannya yang dilakukan adalah dengan cara berdo’a, membaca ayat-ayat Al-Quran, tasyakuran atau bersedekah dalam rangka ikhtiar agar anak yang di dalam kandungan kelak ditakdirkan oleh Allah SWT sebagai orang yang berumur panjang untuk beribadah, diberi rezeki yang lapang dan halal, dan menjadi orang yang beruntung di dunia maupun di akhirat. Pendidikan anak dalam pandangan Islam adalah bimbingan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak yang masih dalam kandungan. Oleh karena itu tradisi mitoni sangatlah erat hubungannya dengan pendidikan pranatal dalam Islam, karena terkandung nilai-nilai ibadah diantaranya nilai ketaqwaan, optimis, dan rendah hati. Tradisi mitoni merupakan salah satu cara mendidik anak dalam kandungan. Sebagaimaa dalam tradisi ini terdapat prosesi yang dimana didalamnya terdapat harap-harapan seorang ibu agar proses persalinnya nanti dilancarkan dan anak yang dikandungnya agar menjadi anak yang berakhlak mulia.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | tradisi mitoni; pendidikan pranatal dalam Islam | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2019 05:07 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2019 05:10 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/82 |
Actions (login required)
View Item |