Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Dan Implementasi Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Pengunaan Hadis

Miranda, Miranda and Sutarto, Sutarto and Siswanto, Siswanto (2024) Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Dan Implementasi Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Pengunaan Hadis. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
MIRANDA..pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan media audio-visual dalam pembelajaran merupakan salah satu pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis. Media ini mencakup penggunaan berbagai jenis alat dan teknologi seperti video, audio, animasi, serta presentasi multimedia untuk menyampaikan materi pembelajaran secara lebih menarik dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media audio-visual terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif purposive sampling yang berdasarkan pertimbangan tertentu yang belajar menggunakan media audio-visual dan kelompok yang belajar dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa adalah tes tertulis dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan media audio-visual menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode tradisional. Hal ini terlihat dari skor tes yang lebih tinggi serta kemampuan siswa dalam mengaitkan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis dengan konteks kehidupan sehari-hari.Implikasi dari penggunaan media audio-visual ini adalah bahwa pendekatan ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar siswa, tetapi juga mampu membantu mereka untuk memahami konsep-konsep abstrak dalam Al-Qur'an dan Hadis dengan lebih mudah. Media ini memberikan visualisasi yang mempermudah siswa dalam mengingat dan memahami isi materi, serta meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Kesimpulannya integrasi media audio visual dalam pembelajaran mata pelajaran al-quran hadis di MAN Rejang lebong dan implikasinya terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran al-quran hadis di MAN Rejang lebong terbukti dapat mempercepat pemahaman siswa, meningkatkan pemahaman belajar, dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Oleh karena itu, disarankan agar guru memanfaatkan media ini secara optimal dalam menyampaikan materi pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif dan menyeluruh. Proses pembelajaran yang kurang kondusif menyebabkan rendahnya pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis. Penggunaan media audio visual kurang maksimal dimanfaatkan oleh pendidik, dan kurangnya kreativitas pendidik untuk membuat media pembelajaran sehingga dalam menerima materi yang diberikan pesertadidik merasa bosan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Miranda, Mirandamiranda01@iaincurup.ac.id
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 05 Mar 2025 03:43
Last Modified: 05 Mar 2025 03:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8122

Actions (login required)

View Item View Item