Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SMPN 05 Rejang Lebong

Jumaini, Nuriska and Arcanita, Rafia and Putra, Alven (2025) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SMPN 05 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NURISKA JUMAINI (1).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas IXg yang memiliki akhlak tercela atau akhlak buruk, penelitian ini bertujuan pertama, mengetahui bagaimana proses upaya guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan shalat dhuha. kedua mengetahui apa saja faktor yang menghambat upaya guru PAI dalam Pembinaan Akhlak Siswa melalui pembiasaan shalat dhuha. ketiga mengetahui bagaimana cara guru PAI menghadapi kendala dalam upaya pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan shalat dhuha di SMPN 05 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian yakni kepala sekolah, guru PAI berjumlah 3 orang,dan siswa-siswi kelas 9G. Jenis data yakni data deskriptif kualitatif, sumber data yakni primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta Teknik analisis data, dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Upaya Guru PAI dalam Pembinaan Akhlak Siswa melalui Pembiasaan Sholat Dhuha dengan cara pengenalannya kepada peserta didik melalui penjadwalan yang secara rutin. Peran dan tanggung jawab guru PAI sangat penting, sehingga terbentuklah akhlak yang baik, motivasi dari guru sebagai pendorong, penyemangat bagi peserta didik, metode, pengawasan dan evaluasi, program Shalat Dhuha memberikan dampak baik Perubahan Sikap dan Perilaku, Interaksi Sosial dan Pencapaian Akademik dan Non-Akademik peserta didik. Kedua , Faktor Penghambat Upaya Guru PAI dalam Pembinaan Akhlak Siswa melalui Pembiasaan Sholat Dhuha terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal .Ketiga, Cara Guru PAI Mengahadapi Kendala dalam Pembinaan Akhlak Siswa melalui Pembiasaan Sholat Dhuha, perlunya menyusun langkah-langkah berupa melakukan Penguatan Pendidikan karakter di sekolah: kurikulum Pendidikan karakter, kegiatan ekstra kurikuler, Pendidikan agama dan peran penting orang tua. Dengan berbagai strategi seperti strategi pendekatan keteladanan dari guru dan orang tua. Serta Pendidikan karakter melalui kegiatan sosial ,melakukan pendekatan psikologi dan bimbingan konseling, dan berupa kerja sama guru, orang tua dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Jumaini, Nuriskanuriska.mhs@iaincurup.ac.id
Arcanita, Rafiarafiaarcanita@gmail.com
Putra, Alvenalvenputra1708@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 10 Mar 2025 01:57
Last Modified: 10 Mar 2025 01:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8121

Actions (login required)

View Item View Item