Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di SMA Negeri 3 Rejang Lebong

Putri, Radha Krisna and Warlizasusi, Jumira and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2019) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di SMA Negeri 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SKRIPSI RADA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan cara yang di gunakan pemimpin dalam mempengaruhi para bawahannya. Seorang pemimpin harus dapat memperhatikan kebutuhan dan perasaan orang-orang yang bekerja sehingga kinerja tenaga pendidik selalu terjaga. Selain dipengaruhi oleh kepemimpin Kepala Sekolah, kinerja tenaga pendidik dipengaruhi oleh lembaga pendidikan. lembaga pendidikan adalah suasana belajar, berkomunikasi, dan bergaul dalam organisasi pendidikan. Kinerja tenaga pendidik merupakan pendidikan professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan evaluasi peserta didik. Permasalahan pada penelitian ini adalah menunjukkan gaya kepemimpinan dan kinerja tenaga pendidik yang masih rendah pada saat di pimpin oleh Kepala Sekolah yang lama. Hal ini di tunjukkan pada guru yang masih sering datang terlambat dan sering menitipkan jam pada guru lain, sehingga anak sering keluar di saat jam pelajaran. Hal tersebut dapat terlihat dari kurangnya ketegasan Kepala Sekolah yang lama sehingga ini dapat terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Di SMAN 3 Rejang Lebong. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini seluruh Tenaga Pendidik Di SMAN 3 Rejang Lebong yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-tes one sampel (uji satu pihak) dan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: kepemimpinan kepala sekolah tergolong baik, paling tinggi baru mencapai 72% dari kriteria yang diharapkan dengan thitung 1,85 Kondisi kinerja tenaga pendidik baik, paling tinggi baru mencapai 80% dari kriteria yang diharapkan dengan thitung -0.93. Sebaiknya seorang pemimpin memimiliki kepemimpinan demokrasi untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. dalam mengambil keputusan sangat mementingkan musyawara, yang diwudkan pada setiap jenjang dan di dalam unit masing-masing. Dengan demikian dalam pelaksanaan setiap keputusan tidak dirasakan sebagai kegiatan yang dipaksakan, justru sebaliknya semua merasa terdorong mensukseskannya sebagai tanggung jawab bersama. Setiap anggota

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Radha KrisnaUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Wahyuningsih, Wiwin ArbainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Tenaga Pendidik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:31
Last Modified: 21 Feb 2023 07:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item