DIPA, SALSA and Rahman, Abdul and Mina Putra, Muksal (2025) Strategi Guru Dalam Menangani Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di Kelompok B1 Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
SALSA DIPA - SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Salsa Dipa, NIM 21511018, Judul Skripsi : Strategi Guru Dalam Menangani Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di Kelompok B1 Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Pada fase usia dini anak belum bisa mengontrol emosi sehingga harus ditangani oleh pendidik dengan menggunakan strategi yang tepat. Salah satu perilaku yang muncul pada anak adalah perilaku agresif dan perilaku tersebut harus ditangani oleh guru. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan bentuk perilaku agresif, mendeskripsikan strategi guru dalam menangani perilaku agresif anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Curup, dan mendeskrispsikan kendala dan solusi guru dalam menangani perilaku agresif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis mengumpulkan data melalui sumber data primer dan sumber data skunder. Berdasarkan hasil penelitian, ada delapan strategi guru dalam menangani anak agresif yaitu, pertama memahami pribadi anak, kedua menggunakan konsep pembelajaran PAKEM, ketiga menyalurkan perilaku agresif ke aktivitas positif, keempat meniadakan hukuman sementara, kelima guru menjadi contoh perilaku yang baik, keenam menjauhkan anak dari kekerasan,ketujuh mengarahkan anak untuk bersikap toleransi, kedelapan hukuman. Adapun beberapa bentuk perilaku agresif yaitu kekerasan fisik, kekerasan verbal dan kekerasan pasif. Selain itu, beberapa kendala guru dalam menangani anak agresif diantaranya, pertama kurangnya pengetahuan tentang perkembangan anak, kedua keterbatasan waktu dan sumber daya, ketiga kesulitan menggelola kelas, dan keempat kesulitan mengangani perilaku anak. Solusi yang bisa diterapkan guru yaitu yaitu pertama mengikuti pelatih dan workshop, guru dapat memaksimalkan waktu yng tersedia dan menggunakan sumber daya yang ada, ketiga guru menggunakan beberapa strategi, dan keempat guru dapat bekerjasama dengan orang tua. . Kata Kunci : Strategi Guru, Perilaku Agresif, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2025 08:43 | ||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2025 08:43 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8072 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |